[RESUME] Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

NARASUMBER : Ema Umiyyatul Chusnah,S.T., M.M.Pd Diganti Mukari, M.Si


Bonus & tantangan menuju Indonesia Emas

Badan pusat statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan bersamanya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif, yaitu 15 hingga 64 Tahun meningkat. 




Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi juga cukup besar. Yang harus dilakukan yaitu mengambil kembali makna nilai-nilai dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045. 

Selain itu, pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila. 

Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. 

Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama ialah oaham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama, ras, dan antar golongan. 

Nasionalisme juga bisa diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam meneguhkan dan menyebarkan pemahaman Aswaja sebagai pilar penguatan.

Tugas kita adalah bisa mempertahankan dan bisa menjadikan Pancasila sebagai pondasi agar tetap bertahan dalam tantangan/ dalam tantangan global jaman ini. 

https://unusa.ac.id/



#PKKMB2023 #PKKMBUNUSA2023 #GenerasiPERFECTUnusa #unusaofficial #kampusterbaik#https://unusa.ac.id/UNUSA#MahasiswaUnusa #RahmatanLilAlam




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Ramadhan tahun ini (RAMADHAN KAREEM)

[RESUME] Alur penggunaan dan pelayanan di Perpustakaan

[RESUME] Mahasiswa Unusa dalam Generasi Aswaja An-Nahdliyah